IBX5A5526E4B6961 Syarat Jual Hewan Kurban yang Benar - Allfarm

Syarat Jual Hewan Kurban yang Benar

In Bisnis 421 views

Berkurban adalah salah satu syariat atau ketentuan agama Islam yang sudah harus selayaknya dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia ini. Berkurban berarti memberikan hewan ternak yang layak seperti sapi, kambing, kerbau, domba, atau bisa juga unta untuk disembelih ketika perayaan Idul Adha. Biasanya sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha dilakukan sudah ada banyak sekali pedagang yang siap jual hewan kurban di pasaran. Setiap tahunnya untuk penjualan hewan kurban terus saja semakin meningkat, begitu pula dengan harganya. Untuk itu, khususnya di Indonesia ini lebih banyak yang memberi hewan kurban kambing dibandingkan dengan sapi, karena jika dibandingkan dari segi harga memang sangat jauh berbeda jauh lebih mahal sapi.

Kambing yang memang harganya jauh lebih murah dibandingkan sapi ini sudah menjadi hewan kurban favorit yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya pembelian hewan kurban dilakukan secara rutin. Maka dari itu, akan terus meningkat pula penghasilan untuk jual hewan kurban. Oleh karena itu, tidak heran banyak pedagang yang melakukan bisnis untuk menjual hewan-hewan kurban ini dengan harga yang terjangkau. Namun dalam menjual hewan kurban tidak boleh sembarangan untuk dijual. Harus ada syarat dan ketentuan dalam menjual hewan kurban yang layak untuk dijual dan disembelih di hari Raya Idul Adha. Beberapa persyaratan tentunya harus dilakukan oleh setiap pedagang dan juga pembeli yang berniat menjual dan membeli hewan kurban.

Sepantasnya untuk jual hewan kurban harus dengan persyaratan yang sudah ada pada syariat Islam agar rejeki yang dihasilkan tersebut halal. Untuk syarat dalam menjual hewan kurban yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Hewan kurban yang dijual adalah hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan unta.
  2. Hewan-hewan yang akan dijual sudah berusia yang sudah ditentukan di syariat Islam yaitu di usia setengah tahun dan berusia satu tahun untuk kambing dan domba, sedangkan untuk usia 22 bulan atau dua tahun kurang untuk sapi dan juga kerbau.
  3. Hewan kurban sudah selayaknya dirawat dan ditempatkan di tempat yang bersih lingkungannya agar sehat, karena jika dirawat di tempat yang kotor seperti dekat dengan tempat pembuangan sampah, maka hewan tersebut dapat membahayakan untuk orang yang mengkonsumsinya.
  4. Hewan kurban yang dijual tidak boleh memiliki cacat  fisik seperti pincang, buta, kurus, dan juga tidak boleh sakit-sakitan.

Nah, sekiranya itulah beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh semua pedagang yang jual hewan kurban. Tidak boleh sembarangan karena semua persyaratan tersebut memiliki makna tersendiri di dalam Al-Qur’an. Jadilah pedagang yang jujur agar rejeki yang dihasilkan akan selalu membawa keberkahan dan kenikmatan.

Tags: #Harga Hewan Kurban #Jual Hewan Kurban

author
Author: 
    Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis
    Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis
    Kolam ikan merupakan salah satu item yang
    Inilah Promo Paling Menarik Di Bulan Ramadhan Dari blanja.com
    Inilah Promo Paling Menarik Di Bulan Ramadhan Dari blanja.com
    Bulan suci Ramadhan merupakan momen yang sangat

    Leave a reply "Syarat Jual Hewan Kurban yang Benar"

    Must read×

    Top